Rumah Tingkat Minimalis

Sunday, May 28th 2017. | Rumah Minimalis, Rumah Tingkat

Model rumah tingkat minimalis sampai saat ini masih sangat banyak digemari. Untuk itu, dalam artikel ini akan kami coba tampilkan beberapa gambar ilustrasi mengenai model-model rumah tingkat minimalis, dan akan kita coba uraikan masing-masing gaya tersebut. Semoga berkenan.

Rumah Tingkat Minimalis

Sebuah rumah tingkat minimalis dengan gaya tropikal, ditandai dengan aplikasi atap lebar, serta keberadaan topi beton pada bagian jendela untuk mencegah lewatnya aliran air hujan. Kebetulan untuk contoh pada gambar, fasad depan rumah bagian bawah lebih banyak didominasi tampilan tembok pagar dan taman. Sedangkan pada bagian dinding sebelah atas, dominan akan keberadaan jendela-jendela lebar tanpa daun jendela.

Di atas, adalah ilustrasi sebuah desain rumah tingkat minimalis yang mengadopsi gaya pagar rumah tradisional Jepang. Tidak seperti pada gambar pertama di mana keberadaan pagar tidak menutup semua tampilan fasad bangunan rumah, pada gambar di atas tampilan pagar menutup sama sekali tampilan fasad rumah bagian bawah dari pandangan luar. Sehingga fokus pada tampilan fasad rumah bagian atas serta bentuk atap.

Dibandingkan dengan kedua gambar sebelumnya, foto rumah tingkat minimalis di atas sudah meng-aplikasikan garis-garis modern yang dinamis dengan fokal point pada bagian pintu berwarna cerah yang kontras dengan warna kelabu yang dominan. Garis-garis horisontal tidak hanya terpatri pada eksterior dinding, melainkan juga dipertegas pada garis-garis pada pagar besi, menetralkan garis-garis vertikal yang dibentuk oleh kolom dan garis-garis pada jendela.

Untuk lahan yang berada di persimpangan jalan, otomatis bentuk rumah tingkat minimalis dengan dua muka adalah pilihan yang logis untuk meng-optimalkan fungsi lahan. Konsekuensinya kita harus bisa menampilkan dua fasad sekaligus secara apik. Keserasian antara teras dan balkon menjadi penting pada desain rumah di atas, karena pagar yang digunakan sangat berkesan ringan sehingga tetap meng-ekspose semua area fasad rumah.

Pada lahan yang sangat terbatas di area sisi jalan, sehingga pembuatan pagar akan membuat sumpek tampilan rumah kita, desain tanpa pagar mungkin bisa dipertimbangkan. Sebagai ganti keberadaan pagar secara fisik, rumah tingkat minimalis di atas menggunakan perbedaan elevasi antara jalan dan pintu masuk, sebagai ‘pagar’ tak terlihat.

tags: , , , ,