Model Tiang Teras Rumah Minimalis

Thursday, March 15th 2018. | Rumah Minimalis, Teras Rumah
Advertisement

Untuk membuat model tiang teras rumah minimalis ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan. Salah satu pertimbangan utama dalam membuat tiang rumah adalah dari sisi fungsi tiang. Jika tiang hanya berfungsi sebagai hiasan, maka besar tiang hanya perlu secukupnya. Akan tetapi jika tiang memiliki fungsi sebagai penyangga bangunan lantai 2 atau atap rangka beton atau juga balkon maka perlu mempertimbangkan kekuatan tiang itu sendiri.

Model Tiang Teras Rumah Minimalis

model tiang teras rumah minimalis penyangga lantai dua

Sebagai contoh pada gambar model tiang teras rumah minimalis diatas. Fungsi tiang ini memang benar-benar sebagai tiang penyangga baik lantai dua maupun penyangga bangunan atap. Karenanya jika demikian maka tidak hanya dibuat berdasarkan keindahannya saja, melainkan dari unsur kekuatan dan keamanan harus dikerjakan dengan baik. Dimensi tiang akhirnya akan menjadi besar menyesuaikan kebutuhan kekuatan sebagai penyangga. Adapun motif dan corak finishingnya menyesuaikan konsep bangunan utama yang mengambil warna gelap atau bisa juga dengan memanfaatkan batu alam sebagai pelengkapnya.

model tiang teras rumah minimalis batu alam

Masih hampir senada dengan contoh sebelumnya, untuk gambar kedua ini juga menyangga untuk bagian atap, karenanya unsur kekuatan tiang benar-benar menjadi pertimbangan. Walaupun secara beban tentunya sudah berbeda jauh jika dibandingkan gambar pertama yang harus menyangga lantai dua dan atap sekaligus, sedangkan ini cukup atap saja.

model tiang teras rumah minimalis sederhana

Contoh yang berbeda dengan model tiang teras rumah minimalis diatas. Ini memang ada 2 tiang penyangga, namun mengenai fungsinya bukan sebagai penyangga beban, namun hanya bersifat sebagai aksesoris semata. Karenanya ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari sisi keindahan saja. Sedangkan mengenai pertimbangan penerimaan bebannya bisa diabaikan.

Berbagai model tiang rumah minimalis yang berkembang lebih mengarah kepada unsur keindahan daripada sebagai penyangga. Seperti beberapa gambar dalam galeri diatas, hampir keseluruhannya hanya bersifat tiang sebagai aksesoris saja. Perkembangan model ini menyesuaikan dengan adanya teras yang simple dan serba minimalis. Walaupun model teras yang semacam ini kurang nyaman untuk sebagai perlindungan terhadap cuaca. Namun beberapa orang lebih mementingkan aspek minimalis dan keindahannya semata.

Advertisement