Gambar Sketsa Rumah

Monday, May 22nd 2017. | Rumah Minimalis

Gambar sketsa rumah, tentu saja tidak bisa ditinggalkan dalam melakukan perencanaan suatu bangunan hunian. Sangat jarang sekali, bahkan mungkin tidak akan pernah terjadi, perencanaan bentuk sebuah rumah yang bisa langsung sesuai dalam satu kali penggambaran. Bahkan seorang arsitek yang sudah sangat berpengalaman, tidak akan mungkin bisa melakukan perencanaan bentuk sebuah rumah yang sesuai dengan keinginan klien, hanya dalam satu kali goresan desain.

Dalam proses mencoba-coba ini, tidak mungkin kita bisa leluasa menggambar bentuk yang langsung jadi rapi, karena akan memakan banyak waktu, sedangkan akan selalu ada banyak revisi. Untuk itu, diperlukan adanya gambar sketsa rumah untuk mencoba-coba berbagai bentuk ataupun layout sebuah rumah.

Gambar Sketsa Rumah

Pada dasarnya sebuah gambar sketsa rumah merupakan perwakilan wujud dari gagasan, dalam bentuk yang sederhana, mengenai kebutuhan-kebutuhan kita, atau perkiraan ideal dari rumah yang kita rencanakan. Saat kita bisa melihat gagasan atau idelisme tersebut secara visual, akan membantu kita dalam menemukan celah kekurangan, atau potensi untuk membuatnya menjadi lebih baik. Sehingga dengan bantuan gambar sketsa rumah yang pertama, kita biasanya akan mengoreksi atau mengembangkannya dalam bentuk gambar sketsa rumah selanjutnya. Dengan pola tersebut, akan mudah kita dapatkan bentuk rumah atau layoutnya, yang paling mendekati ideal bagi pemenuhan kebutuhan-kebutuhan kita akan sebuah rumah hunian.

Dalam artikel ini, kami coba sajikan beberapa contoh gambar sketsa rumah, yang relatif rapi. Sebenarnya, dalam kehidupan dunia arsitektur, gambar sketsa rumah biasanya hanya berupa coret moret di atas kertas yang mungkin secara ideal hanya arsitek tersebut seorang yang mengerti makna coretan tersebut. Hal tersebut dikarenakan sebuah gambar sketsa rumah merupakan proses yang bertumbuh kembang sesuai dengan keberadaan ide pembuatnya.

Jika pembaca sekalian kebetulan sedang merencanakan membuat sebuah rumah hunian idaman, tiada salahnya untuk mencoba menuangkan ide ataupun gagasan yang sudah dipunyai dalam sebuah sketsa. Setelah dapat tergambarkan, walaupun pastinya belum sempurna, coba lihat lagi gambar sketsa rumah tadi, dan temukan celah kekurangan atau potensi untuk membuat rencana tadi menjadi lebih baik.

tags: , ,